Home » » Pengusutan Korupsi Mandek

Pengusutan Korupsi Mandek

Written By Jurnal Sukabumi on Rabu, 16 Oktober 2013 | 09.56

Cibadak, Jurnal Sukabumi
Penanganan kasus dugaan korupsi yang ditangani Kejaksaan Negeri (Kejari) Cibadak kembali mendapat sorotan aktivis lembaga swadaya masyarakat. Sorotan kali ini disampaikan LSM Jaringan Masyarakat Bersatu (Jambe), Bambang Rudiyanto. Dia menilai kejaksaan lambat dalam penanganan kasus yang merugikan keuangan negara.
                Dalam catatan Bambang, ada tiga kasus besar yang selama ini ditangani Kejari Ciadak. Penanganan ketiga kasus ini bahkan sempat menjadi perhatian masyarakat. Belakangan ini, proses penyidikan mulai berjalan lamban.
            “Yang masuk ke persidangan Pengadilan Tipikor Bandung baru kasus korupsi DAK Pendidikan tahun 2010. Bahkan penanganan kasus korupsi di lingkungan Dinas Pendidikan ini masuk dalam tiga jilid. Jilid pertama dan kedua yang melibatkan pegawai Disdik sudah divonis PN Tipikor Bandung,'' kata Bambang.
                Anehnya, kata Bambang, kasus DAK Pendidikan Jilid ketiga penanganannya mulai buram. Padahal tersangka kasus ini sudah ditetapkan tim penyidik. Tersangka kasus DAK jilid ketiga disebut-sebut melibatkan pengusaha pemenangan tender.
                “Penanganan DAK Pendidikan sudah berjalan hampir dua tahun. Bahkan pejabat yang menanganinya sudah beberapa kali terjadi pergantian. Meski ditangani pejabat yang berbeda, semestinya kasus ini tetap harus berjalan,'' kata Bambang.
             Selain menyoroti penanganan kasus DAK Pendidikan, Bambang mengkritik lambannya penanganan kasus dugaan korupsi dana PNPM Caringin dan Rehabilitasi GOR Cisaat. Untuk kasus korupsi PNPM Caringin, Bambang memberikan acungan jempol atas keberanian tim penyidik yang sudah menangkap seorang tersangka. Sedangkan kasus duhaan korupsi GOR Cisaat, kasusnya semakin tidak jelas.

                “Dua kasus itu juga sudah dilakukan penyelidikan dan penyidikan. Kenyataannya penanganannya berjalan lambat,” pungkasnya. Alamsyah
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar



 

Copyright © 2013. Jurnal Sukabumi - All Rights Reserved