Home » » Wow, Pelantikan Perwira Masuk MURI

Wow, Pelantikan Perwira Masuk MURI

Written By Jurnal Sukabumi on Rabu, 16 Oktober 2013 | 09.56

Gunung Puyuh, Jurnal Sukabumi
Pelantikan perwira polisi yang berlangsung di lingkungan Setukpa Polri Bhayangkara Sukabumi, Rabu (16/10) kemarin mendapat penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI). Pasalnya, prosesi pelantikan yang dihadiri langsung Kepala Polri, Jendral Timur Pradopo melibatkan sebanyak 2.619 perwira polisi.
                Deputi Manajer MURI, Damian Awan Rahargo menyebutkan pelantikan 2.619 perwira merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah pendidikan polisi. Bahkan jumlah perwira yang dilantik ini baru pertama kali terjadi di dunia. Alasan itulah yang menjadikan MURI memberikan penghargaan.
                ''Informasi yang kami peroleh, akademi kepolisian di luar negeri pun belum pernah melantik perwira dalam jumlah banyak seperti di Setukpa Polri ini,'' kata Damian kepada sejumlah wartawan.   
                Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol) Komjen Budi Gunawan mengakui pelantikan sebanyak 2.619 perwira polisi merupajan yang terbanyak dalam perjalanan sejarah Polri. Ribuan perwira ini bersal dari Sekolah Inspektur Polisi sebanyak 800 orang, jalur sarjana sebanyak 50 orang, dan 1.769 personel dari jalur khusus.
                Menurut Budi, ribuan perwira baru ini akan disebar ke sejumlah institusi Polri di seluruh Indonesia. Bagi perwira pendidikan reguler akan ditempatkan sesuai wilayah Polda asal pengiriman. Sedangkan perwira penyidik akan ditempatkan ke reserse dan komandan peleton Brigade Mobil (Brimob).
                Menyinggung penghargaan yang diberikan MURI, Budi mengakui catatan ini akan sulit untuk diulang pada tahun-tahun berikutnya. Apalagi pada 2014 mendatang, Polri akan lebih fokus pada pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres).

                ''Pelantikan perwira dalam jumlah terbanyak baru pertama kali terjadi di Indonesia bahkan dunia. Namun nampaknya akan sulit untuk ke depannya,'' imbuh Budi. Bambang Setian
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar



 

Copyright © 2013. Jurnal Sukabumi - All Rights Reserved