Home » » TNGGP Dukung PDAM TBW

TNGGP Dukung PDAM TBW

Written By Jurnal Sukabumi on Rabu, 16 Oktober 2013 | 09.54

Dirut PDAM TBW Kota Sukabumi, Helmi Soetikno menggelar pertemuan dengan perwakilan TNGGP membahas rencana pembangunan air beku dari kawasan Pondok Halimun
Cikole, Jurnal Sukabumi
Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), siap mendukung program  pembangunan sistem air baku Pondok Halimun sesuai dengan MoU yang telah ditandatangani sejak tahun 2011 lalu. Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi  antara TNGGP dengan PDAM TBW Kota Sukabumi di Balai Bidang Pengelolaan Taman Nasional wilayah II Sukabumi, kemarin.
                Rakor yang berlangsung selama dua jam tersebut dipimpin langsung Direktur Utama PDAM TBW Kota Sukabumi, Helmi Soetikno dan dihadiri Kepala Balai Besar TNGGP Herry Subagiadi, Kabid Pengelolaan Taman nasional Wilayah II Sukabumi, Ir. Afrizal beserta tim teknis dari kedua pihak.
                “Rakor ini untuk membahasa hal-hal apa saja yang belum dikerjakan khususnya yang menyangkut dengan persoalan tekhnis serta penyusunan rencana kerja akhir,” ujar Dirut PDAM TBW Kota Sukabumi Helmi Soetikno kepada Jurnal Sukabumi.
                Pembangunan sistem air baku Pondok Halimun tersebut berasal dari Kementerian PU dengan anggaran Rp. 3,4 miliar. Program ini akan memanfaatkan aliran sungai Cipelang yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).  “Nantinya akan dibentangkan pipa sepanjang kurang lebih 3,9 Km ke bak pengelolaan air di Selabintana,” tandasnya.
                Menurutnya, pembangunan sistem pengolahan air baku tersebut selain untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kota Sukabumi, juga sangat bermanfaat bagi masyarakat di empat desa yang berada di Kecamatan/Kabupaten Sukabumi yakni Desa Perbawati, Sudajaya Girang, Warnasari dan Karawang.
                Nantinya debit air sungai Cipelang yang mencapai 1.500 liter/detik hanya akan diambil sekitar 10 persen, guna memenuhi kebutuhan air bersih bagi pelanggan PDAM di wilayah KecamatanSukabumi dan Cisaat, sedangkan sisanya akan dialirkan ke pelanggan di Kota Sukabumi.
                “Program untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi pelanggan PDAM di beberapa kecamatan diKabupaten Sukabumi, karena sumber air yang asalnya ada di Selabintana sudah tidak bias memenuhi kebutuhan,” ungkapnya.
                Rencananya Jumat (18/10) mendatang, pihak PDAM TBW Kota Sukabumi beserta jajaran TNGGP, beserta unsur LSM pemerhati lingkungan, lembaga independen dan aparat pemerintahan desa hingga kecamatan akan melihat langsung pengukuran debit air di titik koordinat sumber air di sungai Cipelang.

                Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Herry Subagiadi mengatakan, selaku penanggungjawab TNGGP pihaknya mendukung program pembangunna tersebut asalkan seluruh rencana kerja sudah dibuat dan tinggal melakukan koordinasi dengan tim tekhnis dari TNGGP. (Herry Febriyanto)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar



 

Copyright © 2013. Jurnal Sukabumi - All Rights Reserved