Home » » Ribuan Warga Antri Daging Qurban

Ribuan Warga Antri Daging Qurban

Written By Jurnal Sukabumi on Selasa, 15 Oktober 2013 | 09.18

Cikole, Jurnal Sukabumi
Ribuan warga rela berdesak-desakan untuk mendapatkan sekantong daging yang dibagikan panitia penyembelihan hewan qurban di lingkungan Masjid Agung Kota Sukabumi, Selasa (15/10) kemarin. Kericuhan sempat terjadi saat panitia menyebar sekitar 3.500 kupon untuk masyarakat kurang mampu.
                Masyarakat yang umumnya dari kalangan kaum dhuafa sudah berdatangan sejak pukul 07.00 Wib. Padahal pembagian daging baru bisa dilaksanakan mulai pukul 16.00 WIB. Proses pembagian daging ini mendapat pengawalan ketat aparat Polres Sukabumi Kota.
                Ketua Panitia Qurban DKM Masjid Agung tahun 1434 Hijriyah, Deden Solehudin mengatakan pelaksanaan pemotongan hewan kurban tahun ini ada peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Yakni, menyembelih sebanyak 22 ekor sapi dan 10 ekor domba. Sedangkan tahun ini, 24 ekor sapi dan 7 ekor domba.
                “Meskipun harga hewan kurban ada mengalami kenaikan, namun jumlah hewan kurban yang di potong di oleh penyelenggara DKM masjid agung bertambah,” katanya kepada Jurnal Sukabumi.
                Menurutnya,  begitupun dengan kupon yang disediakan oleh pihak panitia. Tahun ini, pendistribusikan kupon yang disebar kepada masyarakat yang membutuhkannya mencapai sekitar 3700.
                “Tahun lalu kami hanya mendistribusikan sebanyak 3500 kupon saja. Sementara itu, untuk mengantisipasi yang tidak kebagian kupon, kami sediakan sebanyak 4000 kantong daging untuk masyarakat. Dimana, dalam setiap kantongnya masing-masing seberat setengah kilogram” jelasnya
                Dikatakannya, daging hewan qurban tersebut, disitribusikan kepada warga masyarakat di sekitar masjid Agung Kota Sukabumi, kaum dhuafa, tukang becak, kusir delman, panti asuhan, jompo, jamaah masjid, majelis taklim dan pondok pesantren serta Petugas kebersihan Kota Sukabumi.
                Data Pemkot Sukabumi untuk di Masjid Agung jumlah sapi sebanyak 24 ekor dan kambing atau domba sebanyak 7 ekor. Sedangkan di Kecamatan Citamiang 162 ekor sapi dan 264 domba, Kecamatan Cikole 136 ekor sapi dan 120 ekor domba.

                Di Kecamatan Warudoyong sebanyak 47 ekor sapi dan 236 ekor domba, di Kecamatan Gunung Puyuh sebanyak 77 ekor sapi dan 281 ekor domba, Kecamatan Baros 83 ekor sapi dan 276 ekor domba. Di Lembursitu 108 ekor sapi dan 167 ekor domba serta Cibeureum 72 ekor sapi dan 379 domba. Nendy Cahya
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar



 

Copyright © 2013. Jurnal Sukabumi - All Rights Reserved